Pages

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Geogebra Untuk Mengembangkan Softskills Siswa pada Pembelajaran Matematika di SMA Stella DUce 2 Yogyakarta

Pada pembelajaran matematika di kelas XI khususnya pada materi Fungsi Komposisi, siswa dihadapkan pada permasalahan pembuatan grafik fungsi yang mereka desain sendiri dan mereka tentukan sendiri daerah asal (doamin) atau daerah hasil (kodomain) dari fungsi tersebut.

Untuk menumbuhkan soft skills siswa dalam pembelajaran khususnya pada matrikulasi yang diberikan, maka perlu adanya model pembelajaran untuk mengatasi permasalahan di atas, salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan yang dimaksud adalah model pembelajaran problem based learning dan project based learning Model pembelajaran inimenuntut siswa untuk aktif dalam mengkonstruksi pengetahuannya. Untuk itu diperlukan media yang dapat mengembangkan ide, gagasan, dan kreativitas siswa dalam belajar. Geogebra merupakan salah satu alternatif media yang dapat digunakan.

Banyak hal kreatif yang muncul dari siswi-siswi SMA Stella Duce 2.  Hasil penilaian sikap menunjukkan bahwa banyaknya siswa yang memiliki aspek soft skill  sangat baik, sudah memuaskan yaitu 93% pada aspek komunikasi, 79% pada kemampuan berorganisasi, 82% pada aspek kepemimpinan, 100% pada usaha yang dilakukan, 86% pada logika yang digunakan, 100% pada kerja sama, dan 100% pada etika.

Hal ini menunjukkan bahwa aspek soft skill siswa lebih baik di semua aspek. Peningkatan ini disebabkan karena siswa diberikan kesempatan untuk memunculkan ide mereka sendiri serta menyajikannya di hadapan teman sekelas. Sumber yang mereka gunakan pun juga lebih bervariasi. Beberapa siswa ternyata tidak hanya menggunakan fungsi linear seperti yang sebelumnya diberikan tetapi juga fungsi kuadrat yang sudah mereka pelajari di kelas X serta fungsi lingkaran yang belum pernah mereka dapatkan di sekolah.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar